Lifestyle

4 Minuman Bisa Merusak Ginjal, Segera Hindari!

Minuman tertentu ternyata bukan hanya tidak baik untuk pencernaan Anda, tapi juga untuk ginjal Anda.

Dilansir dari eat this, apa yang Anda minum sama pentingnya dengan apa yang Anda makan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sayangnya, banyak minuman itu mungkin Anda konsumsi setiap hari.

Minuman ini dapat menimbulkan efek samping yang serius pada ginjal, yang berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal parah seiring berjalannya waktu. 

Berikut minuman yang bisa merusak ginjal yang harus Anda hindari

1. Soda

Jika Anda ingin melindungi kesehatan ginjal Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghentikan konsumsi soda yang dimaniskan dengan gula dari makanan Anda sekarang.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa, di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empat minuman ringan bergula dalam seminggu memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit ginjal dibandingkan mereka yang minum setengahnya. satu porsi soda atau kurang setiap minggu.

Efeknya mungkin lebih terasa jika cola adalah minuman pilihan Anda. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology menemukan bahwa individu yang melaporkan konsumsi dua atau lebih cola setiap hari—yang biasanya mengandung asam fosfat—beresiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan mereka yang menghindari minuman tersebut.

2. Minuman berpemanis

Minuman berpemenais mungkin tidak lebih baik daripada minuman yang dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi dalam hal kesehatan ginjal Anda. Menurut sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses’ Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal. berfungsi dibandingkan mereka yang abstain.

3. Jus Kemasan

Dengan kandungan gula yang tinggi dan kalori yang banyak, jus bukanlah teman bagi lingkar pinggang—atau ginjal Anda. Di antara peserta studi Lipid dan Glukosa Teheran, individu yang meminum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang meminum minuman manis. Dan untuk lebih banyak alasan untuk melewatkan jus, lihat 5 Alasan Anda Harus Berhenti Minum Jus, Menurut Ahli Diet.

4. Alkohol

Jika Anda seorang peminum rutin, bukan hanya kesehatan hati Anda yang mungkin terganggu. Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa, di antara kelompok yang terdiri dari 6.259 orang dewasa, mereka yang melaporkan diri sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi, yang merupakan indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda penyakit ginjal. penyakit.

sumber: bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *