5 Gua Terdalam di Dunia, Ada yang Mencapai Lebih dari 2.000 Meter
Geografi

5 Gua Terdalam di Dunia, Ada yang Mencapai Lebih dari 2.000 Meter

Orang-orang telah mengenal puncak tertinggi di dunia, yakni Gunung Everest, dan lokasi paling rendah di bumi yakni palung Mariana.

Namun, bagaimana dengan gua terpanjang atau terdalam di dunia?

Diketahui, salah satu negara yang memiliki banyak gua terdalam di dunia adalah Georgia. Empat dari lima gua terdalam di dunia berada di sana.

Namun, pemegang gelar gua terdalam kerap berubah seiring dengan penemuan gua-gua baru oleh para penjelajah.

Dikutip dari Start Caving, berikut ini adalah 5 gua terdalam di dunia:

  1. Gua Veryovkina, Abkhazia, Georgia. Memiliki kedalaman 2.212 meter dan menjadikannya sebagai gua terdalam di dunia
  2. Gua Krubera, Abkhazia, Georgia, dengan kedalaman 2.198 meter
  3. Gua Sarma, terletak di Pegunungan Kaukasus barat daya, Georgia. Memiliki kedalaman 1.830 meter
  4. Gua Snezhnaya, Georgia. Memiliki kedalaman 1.760 meter
  5. Gua Gouffre Mirolda, Prancis. Ini adalah gua Eropa terdalam dengan panjang 1.733 meter.

Sejalan dengan itu, dilansir A-Z Animals, berikut keterangan lebih rinci mengenai 5 gua terdalam di dunia.

1. Gua Veryovkina, Georgia

Gua Veryovkina atau Verëvkina adalah gua terdalam di bumi, dengan kedalaman mencapai 2.212 meter. Lokasinya berada di Abkhazia, antara Fortress dan Umbrella Mountains.

Gua ini mengklaim rekor sebagai gua terdalam pada tahun 2018, ketika sekelompok speleolog Moskow menyusuri kedalaman gua.

Gua batu kapur ini pertama kali ditemukan pada tahun 1968, tetapi sebagian besar tidak diketahui sampai klub speleologi dari Moskow menemukannya lagi pada tahun 1982.

Nama gua Verëvkina berasal dari Alexander Verëvkina, seorang penyelam gua yang meninggal pada tahun 1983.

2. Gua Krubera-Voronya, Georgia

Gua Krubera-Voronya di Abkhazia menjadi gua terdalam kedua di dunia, dengan kedalaman mencapai 2,199 meter.

Gua yang terletak di dekat Laut Hitam ini sempat memegang rekor sebagai gua terdalam di dunia pada tahun 2001, sebelum kemudian Gua Veryovkina merebutnya pada 2018.

Gua ini awalnya dinamai Alexander Kruber, seorang ahli geografi Rusia. Namun, sekelompok speleog mengamati beberapa burung gagak bersarang di lubang pintu masuk gua, sehingga mereka menjuluki gua itu “Voronya” atau “Gua Gagak”.

Bagian bawahnya gua ini terdapat semacam baskom berisi air, dan bahkan ditemukan air terjun beku di dalam gua.

Menariknya, gua Krubera-Voronya adalah rumah bagi salah satu hewan darat terdalam di bumi, yakni Plutomurus ortobalanganesis.

3. Gua Sarma, Georgia

Gua Sarma berada di Distrik Gagra di Abkhazia, Georgia. Terakhir kali diukur pada tahun 2012, gua ini memiliki kedalaman mencapai 1830 meter.

Gua Sarma terbilang cukup baru ditemukan, yakni pertama kali tercatat pada tahun 1990. Gua ini memiliki setidaknya tiga tingkat dengan banyak aula, terowongan, dan lorong.

Beberapa ilmuwan percaya gua ini bisa jauh lebih dalam dari apa yang telah mereka lihat sejauh ini, bahkan mungkin lebih dalam dari 1,9 kilometer.

4. Gua Snezhnaya, Georgia

Gua terdalam di dunia berikutnya adalah gua Snezhnaya yang bermakna gua salju, “Snezh” berarti salju dalam bahasa Rusia.

Gua Snezhnaya berada di Abkhazia yang memiliki kedalaman 1.760 meter, yang merupakan bagian dari sistem rangkaian saluran gua bercabang dengan aliran air bawah tanah.

Rangkaian tersebut dikenal sebagai sistem gua Snezhnaya-Mezhennogo-Illyuziya. Namun, sistem besar ini masih harus dieksplorasi lebih lanjut.

5. Gua Gouffre Mirolda, Prancis

Gua Gouffre Mirolda di Prancis memiliki kedalaman 1.735 meter. Ini adalah gua karst atau batu kapur dengan sistem drainase bawah tanah.

Gua ini berada di Pegunungan Haut-Giffre dekat desa Samoëns, ditemukan oleh seorang gembala secara tidak sengaja pada tahun 1971.

Gua ini pernah dianggap sebagai gua terdalam di dunia selama lebih dari setahun, sampai Krubera-Voronya mengklaim rekor itu pada 2001.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *