Nature

6 Manfaat Dari Biji Chia

Meskipun bukanlah bagian dari “demam kesehatan mainstream” untuk waktu lama, biji chia telah lama dipandang sebagai salah satu dari makanan paling padat-nutrisi di bumi. Biji chia telah menjadi makanan penting pada beberapa peradaban kuno, terutama Aztec dari Amerika Tengah yang diperkirakan sebagai tempat chia berasal. Manfaat dari biji chia sangatlah banyak dan dapat berguna bagi seluruh tubuh anda, mulai dari kepala sampai ke kaki. Tapi, seberapa mengagumkan sebenarnya makanan super ini? Inilah 6 manfaat terpenting dari biji chia 

Kalori Yang Minim, Banyaknya Nutrisi

Banyak dari makanan padat-nutrisi yang juga memiliki kalori yang tinggi, membuat mereka baik dalam beberapa hal tapi kontraproduktif untuk target penurunan berat jika dikonsumsi secara berlebihan. Chia adalah pilihan tepat untuk mereka yang ingin menurunkan berat, tetapi mempertahankan asupan nutrisi. Ini dikarenakan biji chia sangat rendah kalori. Mereka mengandung serat, protein, kalsium, lemak sehat dan banyak lagi. 

Kandungan Protein Yang Tinggi

Banyak tumbuhan yang harus dikonsumsi dalam jumlah besar jika anda ingin mendapatkan asupan protein yang tinggi. Chia adalah sumber protein yang hebat, dengan kandungan protein 14% pada setiap porsinya. Proteinnya yang tinggi juga baik untuk penurunan berat, karena dapat mengurangi nafsu makan, secara potensial mengurangi pikiran obsesif tentang makanan di alam bawah sadar, dan juga dorongan untuk mengemil pada malam hari. 

Kandungan Omega-3 Substansial

Banyak orang yang seketika beralih ke makanan seperti ikan untuk mendapatkan kandungan asam lemak Omega-3nya. Tapi percayakah anda jika biji chia, dengan berat yang sama, berisi lebih banyak asam lemak Omega-3 dibanding salmon? Ini yang membuat chia menjadi makanan super terdepan dalam konsumsi lemak sehat. 

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Meski hasilnya tidak sepenuhnya meyakinkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji chia dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Ini dikarenakan ia memiliki kandungan yang tinggi dalam serat, asam lemak dan protein omega-3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan penurunan peradangan, resistensi insulin dan lemak di bagian tengah tubuh. 

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, protein, magnesium yang tinggi pada biji chia menjadikan makanan super ini sebuah penyokong yang kuat dari kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada biji chia sekitar 18%, yang sebenarnya lebih tinggi dari kebanyakan produk susu yang umum di pasaran. Ini membuatnya pilihan yang tepat untuk mereka yang menjalani diet berbasis-tumbuhan, dan mereka yang ingin meningkatkan kesehatan tulang–dengan kandungan kalsium lebih tinggi dari kebanyakan produk susu, dapat juga berguna bagi pecinta produk susu. 

Mudah Dikonsumsi

Banyak tren kesehatan yang dapat susah digabungkan ke dalam diet anda jika anda tidak terbiasa dengan makanan sehat. Tapi yang membuat chia menjadi makanan kesehatan populer ialah fleksibilitasnya dan kemudahan konsumsinya untuk kebanyakan orang. Semua orang dapat mulai menyertakan chia dalam dietnya–tak ada yang semudah menambahkan chia pada havermout atau bubur, jus buah dan minuman, yogurt atau bahkan mencampurkannya kedalam adonan roti, kue atau bermacam makanan lainnya. Mereka nyaris tidak memiliki rasa, hanya menambahkan semacam tekstur padat, sehingga menyatu sempurna dengan segala resep atau kombinasi makanan buatan rumah yang akan anda buat. 

sumber: herbeauty.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *