Nature

Apakah Ikan Tidur? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Semua hewan membutuhkan waktu istirahat untuk membantu menghemat energi dan mempertahankan kehidupan.

Salah satu bentuk istirahat yang paling penting adalah tidur. Namun, tidak semua hewan tidur dengan cara yang sama, ikan misalnya.

Sama seperti kebanyakan hewan darat, ikan juga membutuhkan tidur sebagai bagian dari fungsi tubuh normalnya.Tetapi mereka tidak memerlukan tempat untuk berbaring maupun kelopak mata yang tertutup.

Dilansir dari laman Animal Wised, peralihan antara tidur dan terjaga dimediasi oleh neuron yang terletak di hipotalamus, salah satu bagian dari otak.

Neuron hipotalamus melepaskan zat yang disebut hypocretin atau juga dikenal sebagai orexin. Ini adalah neuropeptida yang mengatur kewaspadaan, di antara fungsi lainnya.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa ikan memiliki nukleus neuron ini. Artinya, mereka dapat tidur atau paling tidak memiliki kemampuan fisiologis untuk melakukannya.

Lantas, bagaimana cara ikan tidur di dalam air?

Cara ikan tidur

Dikutip dari laman National Ocean Service NOAA, ikan tidak tidur dengan cara yang sama seperti mamalia darat, sebagian besar dari mereka cenderung “hanya” beristirahat.

Penelitian menunjukkan bahwa ikan dapat mengurangi aktivitas dan metabolismenya sambil tetap waspada terhadap bahaya.Beberapa ikan akan mengapung di tempat, beberapa menghimpit ke tempat yang aman di lumpur atau karang, dan beberapa bahkan bisa menemukan sarang yang sesuai.

Periode yang bisa disebut “mati suri” ini dapat melakukan fungsi pemulihan yang sama seperti tidur pada manusia.

Sejalan dengan itu, dilansir dari the Spruce Pets, dalam lingkungan berair ikan sulit beristirahat di satu tempat. Akan bergantung pada daya apung dan arus lokalnya.

Sebab, jika ikan berhenti berenang dan mematikan kesadarannya, berisiko hanyut bersama arus dan menjadi makanan bagi predator.

Beberapa spesies seperti triggerfish dapat bersembunyi ke dalam celah karang, atau ikan yang berenang berkelompok mengandalkan temannya untuk mengingatkan jika ada bahaya.

Kondisi tidur pada ikan dapat dianggap sebagai mode “daya rendah”, di mana mereka masih mampu mempertahankan pernapasan dan gerakan eksternal kecil.

Strategi pernapasan ikan dipecah menjadi ventilasi ram dan pompa. Ventilator ram atau membuat ikan harus berenang untuk memompa air ke insangnya.

Tidur pada spesies ini membutuhkan gerakan maju atau jika tidak, mereka tidak akan bisa bernapas dan kemungkinan akan tenggelam ke dasar lautan.

Sedangkan ventilator pompa atau rongga mulut, ikan membuka dan menutup mulutnya untuk bernapas, artinya mereka dapat beristirahat di satu tempat asalkan terus membuka dan menutup mulutnya.

Waktu ikan tertidur

Masih dari laman Animal Wised, ada lebih dari 33.000 spesies ikan berbeda di dunia ini, dan tidak semua dari mereka memiliki perilaku tidur atau istirahat yang sama.

Ikan bisa merupakan hewan nokturnal, diurnal, atau krepuskular. Artinya, mereka bisa saja tidur pada malam hari, siang hari atau saat senja.

Seekor ikan akan tidur pada waktu yang berbeda dalam sehari tergantung pada sifat dan perilakunya.

Secara umum, ikan tidak tidur dalam waktu lama dan hanya tidur selama beberapa menit dalam satu waktu.

Ikan juga tidur dengan mata terbuka, sebab mereka tidak memiliki kelopak mata yang diperlukan untuk menutupnya.

Beberapa jenis hiu memiliki sesuatu yang disebut membran nictitating yang berfungsi melindungi mata, seperti pada kucing dan anjing.

Meski memiliki membran nictitating, hiu juga tidak menutup matanya untuk tidur.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *