Uncategorized

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup di Planet-planet Lain?

Sinar matahari yang cukup, air yang cair, oksigen yang melimpah, dan banyak hal lain yang membuat Bumi layak huni bagi seluruh makhluk hidupnya, termasuk manusia.

Sementara itu, ahli tidak menemukan bukti bahwa planet-planet lain di tata surya kita layak huni bagi manusia. 

Neil deGrasse Tyson, ahli astrofisika yang bekerja dengan American National History Museum, menganalisis dengan tepat berapa lama manusia bisa bertahan di planet lain tanpa pakaian luar angkasa.

Berapa lama manusia bisa bertahan di planet lain?

Melansir Discovery dan Science ABC, berikut adalah perkiraan lama waktu manusia bisa bertahan di planet lain di tata surya.

1. Merkurius (<2 menit)

Merkurius adalah planet ekstrem. Sisi yang menghadap matahari sangat panas, sedangkan sisi lainnya sangat dingin. 

Suhu Merkurius berkisar dari -150 derajat Celcius hingga 425 derajat Celcius. Sejauh ini, tidak ada atmosfer yang terdeteksi di Merkurius, kecuali sejumlah jejak helium.

Tanpa pakaian luar angkasa, manusia akan membeku atau langsung berubah menjadi batu karbon, bergantung di sisi planet mana kita berdiri. 

Jika manusia menjelajah ke Merkurius tanpa perlengkapan apa pun, ia mungkin bisa bertahan kurang dari 2 menit dengan menahan napas.

2. Venus (<1 detik)

Mengunjungi Planet Venus dengan suhu 482 derajat Celcius seperti berada di dalam oven yang sangat panas.

Venus memiliki gravitasi yang hampir sama dengan Bumi, jadi mungkin manusia bisa berjalan-jalan di sana sebelum tubuhnya menguap dalam waktu kurang dari satu detik.

3. Mars (<2 menit)

Tyson mengatakan, suhu di Mars sangat dingin, tetapi udaranya sangat tipis, sehingga intensitas dinginnya tidak akan sebesar yang dirasakan pada suhu di Bumi. 

Dengan pakaian yang sangat hangat, manusia mungkin bisa berjalan-jalan di Mars sampai ia tidak bisa menahan napas lagi.

4. Jupiter (<1 detik)

Jupiter secara harfiah hanyalah sebuah bola gas, jadi tidak ada tempat untuk mendarat. Jika manusia melompat ke atasnya, ia hanya akan jatuh ke dalam ketiadaan. 

Gas di dalam planet ini pun sangat bertekanan, jadi tanpa peralatan apa pun, tubuh manusia akan hancur seketika, hanya dalam waktu kurang dari 1 detik.

5. Saturnus, Uranus, dan Neptunus (<1 detik)

Sama seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus adalah bola gas yang sangat besar. Manusia akan hancur seketika jika mencoba berdiri di planet-planet ini dalam kondisi apa pun, apalagi tanpa pakaian luar angkasa.

sumbe: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *