Nature

Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Bulan?

Bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi dan merupakan objek paling terang di langit malam.

Saat melihat gambar Bumi dan Bulan, jarak keduanya terlihat sangat berdekatan. Namun, faktanya, jarak Bulan sangat jauh dari Bumi.

Berapa jarak dari Bumi ke Bulan?

Dilansir dari NASA, jarak antara Bumi dengan Bulan sebenarnya sangat jauh. Bulan berjarak rata-rata 384.400 km dari Bumi.

Jarak tersebut merupakan jarak rata-rata karena Bulan tidak selalu sama jaraknya dari Bumi, mengingat orbit bukanlah lingkaran sempurna.

Saat Bulan berada paling dekat dengan Bumi, jaraknya 363.300 km. Saat paling jauh, jarak Bulan bisa mencapai 405.500 km.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Bulan?

Sebenarnya, sulit untuk memperhitungkan secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Bulan.

Tetapi, menurut BBC Science Focus Magazine, seharusnya, perjalanan dari Bumi ke Bulan memakan waktu lebih dari tiga hari.

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menghitung durasi perjalanan dari Bumi ke Bulan, termasuk perubahan jarak antara Bumi dan Bulan, lintasan lepas landas, apakah pesawat yang digunakan berawak atau tidak, pilihan sistem propulsi, dan apakah akan mendarat, mengorbit, atau terbang.

Selama program Apollo NASA, misi tercepat ke Bulan adalah Apollo 8, yang membutuhkan waktu 69 jam 8 menit untuk memasuki pembakaran penyisipan orbit Bulan.

Sementara itu, misi terakhir pendaratan di Bulan, Apollo 17, membutuhkan waktu selama 86 jam 14 menit untuk mencapai Bulan. Lebih lama lagi, Artemis 1, pesawat tanpa awak, membutuhkan waktu lima hari pada tahun 2022 untuk mencapai orbit Bulan.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *