Cara Alami Detoks Setelah Makan Besar untuk Sehatkan Tubuh
Kesehatan & Kecantikan

Cara Alami Detoks Setelah Makan Besar untuk Sehatkan Tubuh

Momen lebaran merupakan momen makan besar, banyak menu makanan tersedia mulai dari opor, ketupat, sayur lodeh dan masih banyak lainnya. Bagi orang yang tidak bisa mengatur porsi makan, lebaran bisa jadi ajang balas dendam melahap seluruh menu makanan. Mengutip dari timesofindia.com, berikut cara alami untuk detoks setelah makan besar:

1. Berpikir Positif

Setelah makan besar hal pertama yang bisa dilakukan adalah berpikir positif, tidak masalah bila sesekali menikmati hidangan favorit. Saat fokus pada pola makan sehat, dengan mengonsumsi makanan favorit yang kurang sehat bukanlah suatu masalah besar. Namun Anda perlu bangkit untuk kembali mengatur pola makan sehingga bisa menjadi bugar kembali.

2. Berolahraga Ringan

Untuk membakar kalori ekstra selama lebaran, Anda tidak perlu menghukum diri dengan melakukan olahraga ekstrem, biarkan tubuh pulih dengan sendirinya. Terlalu banyak berolahraga hanya akan membuat Anda stress, sehingga lebih baik Anda mencoba olahraga ringan atau lakukan yoga maupun berjalan kaki.

3. Minum Banyak Air Putih

Air dapat menghilangkan sampah tubuh yang tidak inginkan melalui keringat dan urin. Konsumsi air dapat meningkatkan metabolisme dan memberi energi kembali. Anda juga bisa mengkonsumsi infused water, air kelapa maupun buah – buahan yang kaya akan kandungan air.

4. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Konsumsi serat dapat mendukung ginjal dan hati untuk mengeluarkan limbah dari tubuh dengan cara yang lebih baik. Serat juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik dan membantu meningkatkan fungsi usus.

5. Makan Makanan Fermentasi

Konsumsi makanan fermentasi untuk detoks tubuh adalah ide yang bagus. Makanan fermentasi dapat membantu pembentukan bakeri baik yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pada akhirnya meningkatkan kesehatan tubuh.

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *