Pertambangan

Komponen iPhone hingga Rudal, Berikut 6 Fakta Logam Tanah Jarang

Elemen logam tanah jarang digunakan dalam berbagai produk konsumen Amerika Serikat, mulai dari iPhone hingga mobil listrik, serta mesin jet militer, satelit, dan laser.

Ketegangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Cina telah memicu kekhawatiran bahwa Beijing dapat menggunakan posisi dominannya sebagai pemasok logam tanah jarang, untuk menaikkan posisi di atas angin. Berikut fakta tentang logam tanah jarang atau rare earth, tentang aplikasi hingga ketergantungan AS terhadap impor logam tanah jarang dari Cina, seperti dikutip dari Reuters, 30 Mei 2019.

1. Untuk apa saja logam tanah jarang digunakan?

Logam tanah jarang atau rare earth digunakan dalam baterai isi ulang untuk mobil listrik dan hybrid, keramik canggih, komputer, pemutar DVD, turbin angin, katalis dalam mobil dan kilang minyak, monitor, televisi, penerangan, laser, serat optik, superkonduktor dan pemoles kaca.

about:blank

Beberapa elemen tanah jarang, seperti neodymium dan dysprosium, sangat penting untuk motor yang digunakan dalam kendaraan listrik.

2. Logam tanah jarang untuk peralatan militer

Peluru Kendali (Rudal) AGM-65K2 ‘Maverick All-up-round’. Airforce-technology.com

Beberapa mineral rare earth sangat penting dalam peralatan militer seperti mesin jet, sistem panduan rudal, sistem pertahanan antirudal, satelit, serta laser.

Lantanum, misalnya, diperlukan untuk memproduksi perangkat penglihatan malam atau kacamata nightvision.

Departemen Pertahanan AS menyumbang sekitar 1 persen dari permintaan AS, yang menyumbang sekitar 9 persen dari permintaan global untuk tanah jarang, menurut laporan 2016 dari Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS.

3. Perusahaan yang bergantung pada impor logam tanah jarang Cina

Perusahaan seperti Raytheon Co, Lockheed Martin Corp dan BAE Systems Plc semuanya membuat rudal canggih yang menggunakan logam tanah jarang dalam sistem panduan dan sensornya. Lockheed, BAE, dan Raytheon menolak berkomentar terkait ancaman embargo logam tanah jarang Cina.

Apple menggunakan elemen logam tanah jarang pada speaker, kamera dan apa yang disebut mesin “haptic” yang membuat ponselnya bergetar. Perusahaan mengatakan elemen tersebut tidak bisa didaur ulang karena mereka digunakan dalam jumlah kecil.

Sejak 2010, pemerintah dan industri swasta telah membangun stok logam tanah jarang dan komponen yang menggunakannya, menurut Eugene Gholz, mantan ahli rantai pasokan senior Pentagon, yang mengajar di Universitas Notre Dame.

Beberapa pemasok telah mengurangi penggunaan elemen-elemen tersebut, katanya.

4. Di mana logam tanah jarang ditemukan?

Logam tanah jarang adalah sekelompok 17 elemen: lantanum, serium, praseodimium, neodimium, promethium, samarium, europium, gadolinium, terbium, disprosium, holmium, erbium, thulium, ytterbium, lutetium, skandium, yttrium, yang muncul dalam tanah dengan konsentrat rendah.

about:blank

Meskipun unsur-unsur ini berlimpah, namun logam tanah sulit dan mahal untuk ditambang dan diproses.

Cina menjadi negara terbesar pemrosesan logam tanah jarang dunia dan memasok 80 persen dari tanah jarang yang diimpor oleh Amerika Serikat dari 2014 hingga 2017.

Pada tahun 2017, Cina menyumbang 81 persen dari produksi tanah jarang di dunia, menurut data dari Survei Geologi AS.

Para importir melakukan upaya terbatas untuk mengurangi konsumsi elemen tanah jarang dan ketergantungan pada Cina setelah sengketa diplomatik antara Cina dan Jepang pada 2010.

Jepang menuduh Cina menghentikan pasokan logam tanah jarang karena alasan politik, memicu pengakuan di seluruh dunia tentang risiko ketergantungan pada satu pemasok. Cina membantah telah menghentikan pasokan ke Jepang.

Ada beberapa pemasok alternatif yang mampu bersaing dengan Cina, yang menguasai 37 persen cadangan global rare earth.

Lanthanum logam rare earth cair dituangkan ke dalam cetakan di bengkel peleburan Perusahaan Jinyuan di dekat kota Damao di Daerah Otonomi Mongolia Dalam Tiongkok, 31 Oktober 2010. [REUTERS / David Gray]

Tambang Mountain Pass California adalah satu-satunya fasilitas logam tanah jarang yang beroperasi di AS. Tapi MP Material, pemilik Mountain Pass, mengirimkan sekitar 50.000 ton konsentrat tanah jarang yang diekstraksi setiap tahun dari California ke Cina untuk diproses. Cina telah mengenakan tarif 25 persen untuk impor logam tanah jarang selama perang dagang.

Australia Lynas Corporation Ltd minggu ini mengatakan pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan Blue Line Corp yang berpusat di Texas untuk membangun fasilitas pemrosesan logam tanah jarang di Amerika Serikat.

Logam tanah jarang juga ditambang di India, Afrika Selatan, Kanada, Australia, Estonia, Malaysia, dan Brasil.

Sejauh ini, pemerintah AS telah membebaskan logam tanah jarang dari tarif barang-barang Cina selama perang dagang.

5. Alternatif untuk mengganti pasokan logam tanah jarang Cina

Senator AS memperkenalkan undang-undang pada bulan Mei untuk mendorong pengembangan pasokan logam tanah jarang dalam negeri.

Daur ulang juga muncul sebagai sumber potensial untuk mineral tanah jarang.

Fasilitas mineral tanah jarang yang berbasis di Nebraska mengumpulkan tabung lampu neon tua dan mendaur ulangnya untuk elemen tanah jarang mereka, yang terdiri dari sekitar 20 persen bohlam, menurut Asosiasi Lamp and Mercury Recyclers.

6. Harga logam tanah jarang selama perang dagang

Setelah bertahan stabil selama beberapa bulan terakhir, harga ekspor sejumlah elemen tanah jarang telah menguat sejak kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke sebuah perusahaan pengolahan logam tanah jarang di Cina selatan pada 20 Mei membawa sektor ini di bawah sorotan.

Harga logam neodymium, yang digunakan dalam magnet dan speaker, meningkat 26,5 persen sejak 20 Mei dari US$ 50 (Rp 719 ribu) per kilogram menjadi US$ 63,25 (Rp 910 ribu) per kg. Logam tanah jarang dysprosium (digunakan dalam laser), erbium oksida dan gadolinium oksida (digunakan dalam pencitraan medis dan sel bahan bakar) naik sekitar 10 persen.

sumber: temp.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *