Pertambangan

Proyek PT Vale Indonesia Ramai Dilirik Perusahaan Raksasa, Ini Kata Manajemen

Proyek pabrik pengolahan nikel atau smelter milik PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dilirik banyak perusahaan raksasa global, termasuk hari ini pemerintah baru mengumumkan Volkswagen (VW) juga ikut berinvestasi.Pabrik pengolahan Nikel milik PT Vale Indonesia (INCO) di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Foto: Angga Sukmawijaya/kumparan© Disediakan oleh Kumparan

Hal ini diungkapkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Dia menyebutkan, VW melalui PowerCo akan membangun ekosistem baterai mobil di Indonesia dengan bekerja sama bersama sejumlah perusahaan, termasuk perusahaan nasional.

Bahlil mengungkapkan, VW salah satunya akan bekerja sama dengan PT Vale Indonesia (Tbk), Ford, dan Huayou yang sedang membangun smelter di Sulawesi Selatan.

Head of Communications Vale Indonesia, Bayu Aji, menuturkan bagi perusahaan yang terpenting adalah mengutamakan praktik pertambangan berkelanjutan, sesuai arahan dari Presiden Jokowi.

“Perusahaan seperti Ford dan global lain concern-nya kan keberlanjutan kalau nyari tambang kan banyak di Indonesia tapi keberlanjutan itu yang tidak mudah, itu faktor pembedanya,” jelasnya saat media gathering, Senin (17/4).Aktivitas tambang nikel di PT Vale Indonesia di kawasan Harapan East, Blok Sorowako. Foto: Angga Sukmawijaya/kumparan© Disediakan oleh Kumparan

Bayu melanjutkan, tidak hanya VW, sudah banyak perusahaan global yang tertarik berinvestasi di proyek Vale Indonesia, yaitu Ford, Huayou, bahkan hingga Tesla juga sempat mengunjungi lokasi proyek perusahaan.

Adapun perusahaan memiliki konsesi tambang seluas 118.017 hektar di tiga kawasan, yakni Sorowako Sulawesi Selatan, Pomalaa Sulawesi Tenggara, dan Morowali Sulawesi Tengah.

“Perusahaan kendaraan listrik lainnya melihat praktiknya di Sorowako. Cuma Vale ini komitmen praktik berkelanjutan di Sorowako akan dibawa ke proyek-proyek lainnya di Pomalaa, Morowali juga, atau di mana lagi juga begitu,” sambung dia.

Sementara itu, Bayu tidak bisa menyebutkan berapa besar nilai investasi VW di proyek Vale Indonesia. Sama halnya dengan perusahaan lain yang baru dikabarkan akan bergabung.

“Ketika resmi dengan Pak Jokowi baru dipublish, yang jelas Tesla itu kan Pak Luhut yang bicara, sudah disampaikan waktu groundbreaking Pomalaa, Tesla sudah lihat ke Sorowako, lain-lain juga,” pungkasnya.

Sumber: kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *